Selasa, 18 September 2012

Memaknai Kalah dan Menang dalam Hidup


Bismillahirrahmanirrahim ....

"Hidup adalah pertarungan" , begitu pepatah orang bijak. Karena itu sudah sangat2 lumrah kan kalo dalam hidup ada yg menang dan kalah. Sunnatullah. *emang sih kedengaran mudah untuk diucapkan, tapi akan butuh keikhlasan dan iman luar biasa untuk bisa menerima dan memahami makna kekalahan dan kegagalan dalam hidup.

Sebenarnya apa sih arti dan makna menang dlm hidup? kalau kalah, emangnya mau gimana? lantas siapa pula yg bisa dicap sebagai the looser? lalu pemenang itu yg seperti apa? apakah menang menjadi hal mutlak yg mesti dicapai dalam kehidupan?



Menang dan kalah dimata manusia biasa seperti kita, mungkin hanya pengukuran dari sejauh mana seseorang mampu menyelesaikan dan memenuhi target yg telah di rancangnya. dan the looser akan menjadi gelar bagi seseorang yg tidak bisa mencapai impian dan rencana yg telah dengan matang disusunnya.

Dimata sang penulis skenario kehidupan, kemenangan terkadang bisa jadi justru patokannya saat seseorang mampu mengendalikan diri n memahami makna dibalik kegagalannya. saat ia mampu mengambil hikmah dibalik tiap yg digariskanNya, manis atau pahit, dan kembali bangkit menyusun rencana baru untuk menjadi pemenang dikali berikutnya. bukankah "kekalahan hanyalah kemenangan yang tertunda" ???

Mungkin dibalik kekalahan yang dirasakan, Dia sedang menyusun skenario besar dihadapan yang akan menuntut kita menjadi tokoh utamanya. Bukankah seorang tokoh utama butuh karakter kuat yg tahan diterpa badai dan tak goyah dihempas gelombang. Bisa jadi saat kita kalah, Allah sedang menempa jiwa, fisik, dan pemikiran kita tuk jd pemenang di masa depan. menjadi pemenang yang sesugguhnya !!!!!!!!!!! pemenang yang tidak hanya mampu tersenyum dalam kemenangan namun juga berwajah lembut dihias senyuman penuh keihklasan saat kalah menjadi takdirnya.

Konsepnya kalah dan menang adalah ujian. bukan salah satunya tapi both. saat menang, kita diuji apakah kita mampu bersyukur dan mengisi kemenangan itu dengan sebaik2nya, demi cita2 suci yg telah di semboyankan saat azzam terpancang dipermulaan perjuangan.
Atau malah terpuruk dalam gemerlap cahaya kemenangan dan lupa pada sang Pemberi kemenangan itu sendiri? bagi yang kalah, kekalahan adalah ujian untuk melihat kematangan diri dan kedewasaan sikap sebagai syarat pemenang sejati. justru saat kalah, kita akan semakin mempersiapkan diri lebih matang untuk bs memberikan yang terbaik lain kali kan?

Tak selamanya yang kalah itu kalah, pun tak semestinya yg menang bisa disebut pemenang.
karena kemenangan hanya akan kita rasa manis bila pahitnya kekalahan telah pernah kita cicip 

Memang praktek itu tak semudah mengatakannya, namun semua berpulang pd kedewasaan dan kemauan kuat dari diri kita tuk memahami dan memaknai setiap goresanNya dlm hidup kita, baik itu MENANG atau KALAH. karena itu sunnatullah dalam tiap perjuangan.

Pahatlah kegagalan itu dikamus hatimu dan jadikan ia cambuk pelecut semangat diri tuk meraih bintang kemenangan dihadapan !!!!!!!!! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar